Tren Perjalanan Wisata Tahun 2021

Tren Perjalanan Wisata

Tren Perjalanan Wisata Tahun 2021 – Sejak Maret 2020, sektor pariwisata global benar-benar berhenti. Tidak ada pariwisata yang terjadi saat itu, banyak hotel tutup.  Bisnis startup pariwisata menutup layanan secara permanen secara permanen dan banyak karyawan dipecat. 

Wabah Corona merupakan hal yang tidak terduga. Mereka yang bergantung pada pariwisata dengan merasa tidak siap. Hampir semua negara melarang transportasi, termasuk pesawat terbang. Semua protokol untuk mencegah penyebaran penyakit menular disusun secara mendadak. Akhirnya, ekonomi pariwisata lumpuh.

Karena wabah COVID-19, banyak negara di seluruh dunia mencoba mengevaluasi dan meningkatkan kualitas destinasi wisata mereka. Seiring dengan pandemi COVID-19, kebiasaan sosial baru juga menciptakan selera baru. 

Beberapa regulasi untuk mencegah penyebaran virus di masyarakat seperti protokol kesehatan, jarak fisik, dan larangan kunjungan ke destinasi wisata, juga dapat menciptakan era baru dalam bisnis pariwisata.

Dikutip dari bisnis.com Untuk menggenjot pemulihan sektor pariwisata , pemerintah anggarkan pembangunan pariwisata pada 2021 mencapai Rp14,4 triliun yang difokuskan pada 5 destinasi wisata dari 10 Bali baru yang dicanangkan pemerintah.

Dalam pidato nota keuangan RAPBN 2021, Presiden Joko Widodo menuturkan pembangunan pariwisata tahun 2021 dianggarkan sekitar Rp14,4 triliun yang diarahkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di sektor pariwisata.

“Kebijakan dilakukan melalui pemulihan pariwisata, dengan pengembangan destinasi pada 5 fokus kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang,” jelasnya, Jumat (14/8/2020).

Berikut merupakan tren teratas pariwisata tahun 2021 :

Wisata Pedesaan dan Alam

Wisata pedesaan, juga dikenal sebagai wisata komunitas, belakangan ini muncul sebagai alternatif dari wisata perkotaan tradisional.

Banyak orang yang bepergian ke komunitas kecil, kebanyakan dengan motif pedesaan, untuk belajar tentang gaya hidup dan budaya, atau dalam beberapa kasus mengganggu hubungan dengan kota.

Jejak alam, yang berfokus pada alam liar dan santai di alam, juga mendapatkan popularitas dengan cepat.

Pariwisata Domestik

Perjalanan domestik atau nasional adalah salah satu tren terbesar saat ini. Laporan terbaru tentang tren pariwisata yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian IDITUR menekankan hubungan antara pilihan “kehidupan lokal” dan pihak lokal.

 

Tren Perjalanan Wisata

Seperti halnya wisatawan milenium ketiga yang cenderung memilih destinasi dan atraksi yang jarang dikunjungi, mereka juga cenderung lebih menyukai kedekatan tertentu dengan penduduk setempat dan komunitas tuan rumah.

Kecenderungan ini membuat Anda merasakan pengalaman budaya lokal dan hidup seperti warga lokal.

Wisata Kesehatan

Wisata kesehatan telah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Industri ini diperkirakan akan pulih segera setelah sektor ini dihentikan oleh pandemi dan perbatasan perjalanan dan perbatasan ditutup di beberapa negara.

Liburan kebugaran menjadi menarik terutama pada saat stres yang belum pernah dialami sebelumnya. Jenis pariwisata ini menjadi semakin populer dengan perkembangan konsep mindfulness, seiring dengan pengakuan umum akan pentingnya menjaga kesehatan yang baik.

Beberapa tujuan paling populer untuk wisata kesehatan adalah India, Spanyol, Singapura, Malaysia, California, Bali, Italia, dan Hawaii.

Itulah beberapa Tren Perjalanan Wisata Tahun 2021, selamat berlibur !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call : 08111098089
WhatsApp : 08111098089