Tips Memilih Mobil Bekas Agar Tidak Tertipu

Harga Rental Mobil Jakarta

Tips Membeli Mobil Bekas – Memiliki mobil memang impian semua orang karena dengan memiliki mobil akan memudahkan dalam mobilitas sehari hari baik untuk bekerja, berlibur maupun kegiatan lain.

Dengan memiliki mobil tidak perlu repot repot bolak balik ke terminal atau stasiun untuk menggunakan kendaraan umum seperti bus dan kereta jika jaraknya jauh. Namun jika memang ingin menggunakan transportasi umum ya sangat diperbolehkan. Atau anda dapat sewa mobil di Jakarta untuk dapat mengantarkan anda ke tujuan  tanpa perlu menyetir sendiri.

Menurut kebutuhannya mobil merupakan kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi. Kebutuhan ini bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.

Namun rupanya bagi sebagian masyarakat beranggapan mobil merupakan primer karena berguna untuk memenuhi mobilitas sehari hari.

Harga mobil pun tidaklah murah karena berkisar ratusan juta sampai milyaran rupiah tergantung dari spesifikasi dan fungsinya. Untunglah kita tetap dapat memiliki mobil dengan harga yang relatif lebih murah dengan cara membeli mobil second (mobil bekas). 

Banyak dealer dealer ataupun perorangan yang menjual mobil bekas dengan merk dan spesifikasi bermacam macam. Anda hanya tinggal mencari tipe mobil sesuai dengan selera anda mulai dari tahun, merk, model dan spesifikasinya. 

Tapi dalam memilih mobil terutama jika anda berencana untuk membeli mobil bekas, kenali dan fahami dahulu mobil yang akan anda beli dengan cermat dan teliti karena tidak sedikit oknum yang menjual unit mobil secara tidak jujur.

Misalkan manipulasi jumlah kilometer, tidak memberitahukan kepada calon pembeli keadaan mobil jika pernah terkena banjir atau kecelakaan parah.

Untuk itu sangat dianjurkan untuk memahami tips membeli mobil bekas seperti berikut ini :

Tips Membeli Mobil Bekas

1. Perhatikan Interior dan Eksterior Mobil

Cermati tiap sisi mobil, adakah kemungkinan beberapa bagian bodi mobil telah ditukar, periksa sisi dalamnya, seperti pintu mobil, kursi, kap, AC, radio, dan seluruh tombol-tombol berfungsi dengan baik. Bandingkan beberapa bagian mobil bekas itu dengan kondisi baru mobil dengan memeriksanya di internet.

2. Periksa Kondisi Mesin

Tips membeli mobil Bekas selanjutnya adalah Periksa Kondisi Mesin. Walau bodi masih mulus, kondisi dan performa mesin harus juga jadi perhatian. Cek suara mesinnya adakah yang janggal. Pastikan keadaan rem masih berfungsi secara baik.

Hal lain yang dicemaskan dari calon konsumen umumnya ialah mobil yang bekas banjir. Umumnya mobil bekas yang pernah terkena banjir suaranya lebih keras dari mobil normal. 

Seharusnya anda perlu ajak orang yang ahli, montir bengkel, atau rekan yang memahami mesin untuk memeriksa mobil. Apa lagi bengkel-bengkel mobil saat ini telah makin canggih dengan memakai sistem komputerisasi.

Tips Membeli Mobil Bekas

3. Periksa Buku Service Lengkap

Salah satu kelengkapan yang perlu untuk ditanya ialah catatan service kendaraan tersebut. Apa service rutin dilakukan? Bila ya, apa catatan nya lengkap? Di bengkel mana service dilakukan?

Service record sangat lah penting sebab mobil yang dirawat secara teratur, tentu saja akan mempunyai perform dan kondisi yang lebih prima. Mobil yang teratur service berkala menggambarkan kepribadian pemilik sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil.

4. Periksa Box Transmisi

Baik mobil bekas matic, atau manual yang ingin dibeli, hindari yang mengalami kebocoran oli dari sela box transmisi. Untuk memeriksanya yaitu dengan melihat di bagian transmisi di body mobil, adakah bekas oli yang amburadul atau tidak.

5. Test Drive

Beli mobil bekas beda dengan beli mobil baru, salah satunya dengan lakukan tes drive. Dengan mencobanya langsung, karena itu calon konsumen dapat mengenali kondisi mobil waktu dikemudikan.

6. Cek Keaslian Dokumen

Calon konsumen jangan lupa untuk mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan yang akan dibeli seperti STNK, BPKB dan Faktur dengan cara memfotocopy dokumen tersebut dan mengeceknya di polda atau kantor samsat terdekat sebelum melakukan transaksi. Atau Bila perlu dilakukan pengujian keaslian surat-surat itu lewat program online yang dapat dengan mudah dijangkau.

7. Negosiasi Harga

Setelah rangkaian diatas telah dilakukan janganlah terburu buru memutuskan untuk membeli namun cari tahu dahulu harga pasaran mobil yang anda inginkan. 

Harga sebuah mobil bekas pada umumnya memiliki rentang pasaran tergantung dari kondisi dan tahun produksi. Kemudian buatlah tawaran awal senilai Rp 5 juta dari harga pasaran, bila perlu ajaklah orang lain untuk membantu, misalnya pasangan atau teman untuk menawar harga.

Itulah beberapa tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call : 08111098089
WhatsApp : 08111098089